2018/06/01

20 Manfaat Daun Putri Malu Untuk Kesehatan

Putri malu atau Mimosa Pudica merupakan sejenis tanaman perdu dari suku polong-polongan yang mempunyai banyak nutrisi berguna layaknya mimosin, asam pipekolinat, tanin serta beragam kandungan lainnya yang berguna buat badan.

Tanaman putri malu ini populer dengan area daun yang langsung tertutup saat tersentuh oleh sebuah yang berlangsung pasal status kepekaan tinggi pada rangsangan dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya.

Tanaman dengan daun unik serta bunga berwarna ungu ini mempunyai banyak kegunaan buat menyembuhkan penyakit dan kebugaran serta terhadap kesempatan ini akan kami ulas selengkapnya khasiat putri malu buat anda.


putri malu

Manfaat Daun Putri Malu 


1. Mengobati Luka Penderita Diabetes

Tanaman putri malu amat berkhasiat buat menyembuhkan luka terhadap penderita diabetes yakni terhadap area akar dari tanaman putri malu. metodenya ialah dengan menjemur akar tanaman putri malu sampai kering lantas dihaluskan sampai menjadi bubuk serta di rendam dalam methanol sepanjang 3 minggu. Langkah selanjutnya ialah menyaring ramuan tersebut dengan kertas saring, diuapkan serta dapat dipakai sebagai obat oles luka .

2. Menyembuhkan Batuk

Untuk menyembuhkan batuk berdahak, anda juga dapat menyembuhkan penyakit ini dengan memakaikan tanaman putri malu. Rebus 10 sampai 15 gram tanaman putri malu yang telah di cuci bersih bersama dengan air secukupnya, bila telah dingin dapat diminum sampai habis serta laksanakan acap kali sampai batuk sembuh. disamping menyembuhkan batuk, tanaman putri malu ini juga dapat dipakai buat menyembuhkan pilek dan kurangi penyakit pernapasan area atas.

3. Mengatasi Hepatitis

Penyakit hepatitis juga dapat diredakan dengan tanaman putri malu. Air rebusan putri malu ini akan bekerja sebagai penetralisir tanda radang yang berlangsung terhadap organ hati pengakibat virus hepatitis tersebut.

4. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau susah tidur tentunya akan bikin seseorang merasakan permasalahan kegiatan dan kebugaran. Kandungan yang terkandung di dalam tanaman putri malu akan bikin tidur anda lebih nyenyak yakni dengan metode merebus 30 gram putri malu dengan air sekedar lantas minum ramuan tersebut sebelum anda pergi tidur.

5. Mengobati Rematik

Rematik ialah salah satu problem radang terhadap sendi yang dapat berlangsung pasal problem autoimun badan serta lazimnya lebih kerap menusuk perempuan dibandingkan laki laki. Anda dapat meminimalisir rasa nyeri yang ditimbulkan dari rematik ini dengan metode merendam tanaman putri malu dalam arak putih serta biarkan sepanjang 2 minggu. sehabis itu, ambil tanaman putri malu serta tempelkan terhadap daerah badan yang berasa nyeri.

6. Menangkal dapat Ular

Tanaman putri malu juga mempunyai sifat anti bisa, bahkan dapat menangkal dapat ular cobra yang amat berbahaya. penelitian yang dilaksanakan mengedepankan bila ekstrak akar putri malu yakni dengan metode merebus akar putri malu yang dikeringkan amat efisien buat menangkal dapat ular yang berbahaya. Akan tetapi, pemanfaatan tanaman putri malu ini cuma dapat dilaksanakan oleh seorang herbalis atau yang telah berpengalaman.

7. Mencegah Disentri

Dari studi yang telah dilaksanakan perguruan tinggi Muhammadiyah , Surakarta mendapatkan bila kandungan dalam ekstrak tanaman putri malu mempunyai sifat anti bakteri yang berlakon serius dalam menangkal peningkatan serta juga pernyebaran dari bakteri shigella dysentriae pengakibat penyakit disentri.

8. Menghentikan Pendarahan serta Mencegah Infeksi

Ekstrak dari tanaman putri malu juga memiliki faedah buat merawat kebugaran kulit pasal mengandung senyawa tanin dan zat antioksidan tinggi. Kandungan ini akan amat berguna buat mencegah risiko infeksi, problem pendarahan serta juga menolong dalam sistem penjawantah jaringan kulit baru yang sehat.

9. Mencegah Radang

Kandungan anti inflamasi yang adanya dalam putri malu berkhasiat buat meredakan radang dan pembengkakan yang berlangsung terhadap badan. disamping itu, tanaman putri malu ini juga safe buat dipakai serta tak membagikan pengaruh samping yang mematikan buat tubuh.

10. Menurunkan risiko Diabetes

Dengan mengkonsumsi tanaman putri malu ini, tersebutkan risiko diabetes dapat dikurangi serta ini telah dibuktikan dari studi yang tunjukkan kandungan dalam putri malu amat berguna buat membuat turun risiko diabetes sampai dengan 13 persen.

11. Menenangkan Pikiran

Putri malu juga amat baik dikonsumsi Karena dapat menenangkan pikiran dan beragam stres serta depresi yang terlampau berlebihan. Mengkonsumsi sari putri malu akan bikin tak cuma badan yang makin sehat, namun pikiran yang lebih santai serta tenang.

12. Melancarkan Peredaran Darah

Ektrak dari tanaman putri malu juga amat berkhasiat buat melancarkan peredaran darah anda. Dengan lancarnya peredaran darah, tersebutkan beragam macam penyakit mematikan layaknya jantung serta stroke dapat dihindari.

13. Meningkatkan Stamina Pria

Tanaman putri malu juga amat berkhasiat buat memperbanyak stamina laki laki teruntukkan buat berkaitan mesra. Caranya, siapkan 10 sampai 15 lembar daun putri malu lantas rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Saring air rebusan serta saat telah hangat dapat diminum sampai habis. Khasiat tanaman ini akan berasa sesudah 30 menit meminum air rebusan putri malu ini.

14. Mengobati Bronkitis Kronik

Bronkitis ialah salah satu penyakit yang menusuk organ paru-paru. buat mengatasi problem ini, anda dapat memanfaatkan khasiat dari putri malu yakni dengan merebus 60 gram akar putri malu dengan 600 cc air memakai api yang kecil sampai tersisa 200 cc saja. sehabis cukup hangat, bagi dua air rebusan ini buat di minum sejumlah 2 kali yakni pagi serta malam hari.

15. Mengatasi Asma

Untuk penderita asma juga dapat meredakan tanda yang ditimbulkan dari penyakit ini yakni dengan merebus 10 gram putri malu bersama 100 ml air sepanjang 15 menit. Sesudah dingin, minum air rebusan ini sejumlah 3 kali sehari sejumlah 1 sampai 2 sendok makan tiap kali minum.

16. Menyembuhkan Penyakit Herpes

Untuk mengatasi salah satu penyakit kulit menular yakni herpes metodenya ialah dengan mencuci daun putri malu sekedar lantas rebus memakai panci stainless sampai mendidih. sehabis dingin, gunakan air rebusan ini buat mandi serta membah area badan yang terserang virus herpes.

17. Mencegah Diare

Dari penelitian yang telah dilaksanakan mengedepankan bila tanaman putri malu mempunyai khasiat buat mengontrol diare layaknya yang berlangsung saat memakaikan minyak jarak atau ekstrak etanol. Konsumsi air rebusan putri malu ini secara teratur sampai diare dapat diobati.

18. Membuat turun Demam

Saat anda sedang demam, tersebutkan tanaman putri malu ini dapat menjadi solusi gampang serta murah buat membuat turun demam tersebut. Tanaman putri malu akan mengendalikan suhu badan sehingga dapat senantiasa Berposisi dalam kondisi yang biasa saja serta demam tak akan muncul kembali.
19. Mengencerkan Dahak

Dahak di tenggorokkan akan lebih gampang dikeluarkan dengan memanfaatkan tanaman putri malu ini. Kandungan dalam putri malu akan mengganti tekstur dahak menjadi lebih encer sehingga akan lebih gampang buat dikeluarkan.
20. Meningkatkan proses Imun Tubuh

Tanaman putri malu juga tinggi akan kandungan mikronutrien dan beragam mineral serius layaknya zat besi, seng, magnesium serta mangan. sebagian kandungan ini amat dibutuhkan badan supaya proses imun dapat senantiasa dijaga serta ditingkatkan sehingga akan terhindar dari serangan bakteri, kuman serta polutan berbahaya.

Related Posts

20 Manfaat Daun Putri Malu Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh