2018/06/28

Luat Biasa..!! Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Anda tahu ? Semangka nir hanya segar saat pada makan, ternyata butir ini pula memiliki khasiat & manfaat baik lho buat kesehatan. Tidak percaya ? Let’s find out …

Buah semangka

Manfaat Buah Semangka – Semangka adalah galat satu jenis butir-buahan segar yg mengandung sebagian akbar air yaitu lebih kurang 92 %. Di Indonesia sendiri masih ada dua jenis semangka antara lain semangka merah & semangka kuning. Ke-dua jenis semangka ini tidak memiliki disparitas yang signifikan, hanya saja dibedakan menggunakan daging buahnya.

Buah semangka diketahui memiliki poly nutrisi berdasarkan mulai vitamin mineral & senyawa organik seperti vitamin C, kalsium, magnesium, serat, protein, kalium, vitamin A, vitamin B6, niasin, thiamin, & aneka macam karotenoid & fitonutrien termasuk likopen. Beberapa nutrisi dalam buah semangka tadi berkontribusi dan berdampak besar  terhadap kesehatan tubuh.

manfaat buah semangka

Berikut ini 10 manfaat buah semangka merah buat kesehatan tubuh, antara lain :


1. Mengontrol tekanan darah tinggi

Semangka bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi . Kalium, magnesium dan asam amino pada buah semangka secara bersamaan bisa menjaga kesehatan pembuluh darah & menangkal sclerosis, yang dalam gilirannya memastikan aliran darah sebagai lancar.

Semangka jua membantu menjaga elektrolit dan asam-basa saldo yang tepat dalam tubuh yang membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Menurut sebuah studi oleh fakultas Florida State University yg diterbitkan dalam American Journal of Hypertension mengungkapkan bahwa semangka dapat secara signifikan mengurangi tekanan darah dalam individu yang kelebihan berat badan, baik dalam waktu istirahat atau jua di bawah tekanan stres. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, minum satu gelas semangka juz setiap hari buat menjaga tekanan darah Anda di bawah kontrol.

2. Mengurangi lemak berlebih

Semangka adalah buah yg rendah kalori & nir mengandung lemak atau kolesterol, seluruh ini bisa menjadi bantuan penurunan berat badan. Salah satu komponen penting dalam semangka yg membantu penurunan berat badan adalah senyawa yang disebut citrulline. Senyawa citrulline ini memetabolisme ke arginin asam amino esensial yg membantu mengurangi taraf di mana tubuh menyimpan lemak dan menaikkan fungsi kardiovaskular, menurut sebuah studi 2007 yang diterbitkan pada Journal of Nutrition.

3. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Seperti yang sudah disinggung diatas, buah semangka mengandung 90 % air dan membantu mengisi cairan tubuh serta mengembalikan elektrolit yang pada akhirnya dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Buah ini juga berisi rehidrasi garam kalsium penting, magnesium, kalium & natrium – yang membantu menghidrasi tubuh & kulit & mengurangi kemungkinan dehidrasi. Sebuah studi 2009 di University of Aberdeen Medical School menemukan bahwa kombinasi dari garam, mineral & gula alami dalam semangka & butir-buahan yg kaya air lainnya dan sayuran tertentu benar-benar dapat menghidrasi tubuh lebih baik daripada air. Selama isu terkini panas, ada baiknya Anda meminum satu sampai dua gelas juz semangka setiap hari buat permanen terhidrasi menggunakan baik.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Semangka sangat baik buat mata Anda. Menjadi sumber yang sangat baik berdasarkan beta-karoten yang diubah pada tubuh sebagai vitamin A, semangka membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A beserta dengan lycopene membantu menghasilkan pigmen pada retina mata dan memberikan perlindungan terhadap degenerasi makula, rabun senja dan masalah mata terkait usia lainnya. Juga butir semangka memiliki vitamin C, lutein & zeaxanthin yang penting buat menjaga mata Anda sehat dan bebas berdasarkan berbagai jenis infeksi.

5. Menjaga kesehatan ginjal

Menjadi diuretik alami, semangka sangat bermanfaat buat ginjal Anda. Ini membantu tubuh membuang racun berbahaya, memurnikan hati, merangsang fungsi ginjal dan mengurangi asam urat pada darah.

Semangka membantu amonia proses hati, jenis produk limbah berdasarkan pencernaan protein, yg memudahkan ketegangan pada ginjal ad interim menyingkirkan kelebihan cairan. Hal ini jua dapat meringankan pembengkakan dan peradangan ginjal sampai batas eksklusif dan mengurangi risiko pengembangan batu ginjal. Jika sekiranya Anda memproduksi urine kurang menurut normal atau mengalami kesulitan kencing, Anda dapat makan semangka atau minum juz semangka buat membantu menciptakan cukup urine buat menghilangkan limbah berdasarkan tubuh.

6. Meningkatkan suasana hati

Semangka pula dapat menaikkan mood Anda. Lantaran butir semangka sendiri mempunyai kandungan tinggi vitamin B6, sebuah nutrisi krusial pada sintesis neurotransmitter yg bertanggung jawab buat menenangkan suasana hati.

Sementara itu, kandungan vitamin C tinggi dalam buah semangka ini diketahui dapat melindungi tubuh terhadap radikal bebas. Kerusakan radikal bebas berkontribusi terhadap penurunan kognitif, gampang murka  & depresi. Semangka juga membantu menyeimbangkan hormon yang dapat mempengaruhi suasana hati Anda waktu keluar berdasarkan keseimbangan. Dengan mengkonsumsi beberapa iris buah semangkan setiap hari butir, Anda bisa mengangkat suasana hati Anda, mengurangi stres, dan memerangi depresi dan kecemasan.

7. Menjaga jantung tetap sehat

Mengkonsumsi semangka juga menaikkan kondisi jantung Anda. Semangka mengandung jumlah yang baik dari potassium yg membantu mengatasi penyakit jantung & menjaga jantung Anda sehat. Penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa mengkonsumsi buah semangka dapat membantu mencegah penyakit jantung menggunakan menghentikan penumpukan kolesterol berbahaya.

Hal ini jua berisi asam amino citrulline dan arginin yg membantu menjaga arteri, aliran darah & fungsi kardiovaskular secara keseluruhan. Sebuah studi berdasarkan Purdue University & University of Kentucky yang diterbitkan pada Journal of Nutritional Biochemistry juga menemukan bahwa citrulline hadir pada butir ini meningkatkan kesehatan jantung.

Buah semangka juga diketahui memiliki lycopene, beta-karoten dan vitamin C yang membantu mengurangi kolesterol & mencegah aneka macam masalah jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung, mengikuti diet kaya antioksidan dan rendah lemak dan kolesterol. Semangka memenuhi semua kebutuhan tersebut.

8. Melawan kanker

Benarkah ? Konsumsi rutin semangka bahkan dapat memerangi kanker. Semangka adalah salah  satu asal makanan terbaik dari lycopene, antioksidan yang baik bagi pencegahan dan pengobatan aneka macam jenis kanker.

Lycopene telah poly dipelajari buat antioksidan & sifat pencegah kanker. Berbeda dengan banyak fitonutrien makanan lain (yg efeknya hanya telah dipelajari pada fauna), likopen sudah dipelajari secara ekstensif pada manusia dan ditemukan buat sebagai pelindung terhadap prostat, paru-paru, kolorektal, endometrium, & kanker payudara. Disamping itu, buah semangka juga mengandung vitamin C & A yg berperan aktif pada melindungi sel berdasarkan kerusakan radikal bebas, pada gilirannya membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

9. Meningkatkan energi

Satu porsi per hari berdasarkan semangka sudah terbukti dapat meningkatkan taraf energi sampai 23 %. Ini merupakan sumber yg kaya vitamin B6 dan B1. Tubuh menggunakan vitamin B6 buat mensintesis merasa dopamin yang baik. Hal ini pula mengandung magnesium yang membantu bentuk adenosine triphosphate, fungsi yg bahan bakar selular buat menjaga tingkat energi Anda tinggi sepanjang hari. Plus, dia memiliki kalium, vitamin C dan beta-karoten, yg semuanya penguat energi alami.

10. Kaya antioksidan

Semangka merupakan gudang antioksidan bertenaga yang membantu Anda tetap sehat & bebas menurut banyak sekali penyakit. Ini merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan flavonoid seperti lycopene, beta-karoten, lutein, zeaxanthin & cryptoxanthin. Antioksidan ini melindungi tubuh Anda terhadap radikal bebas yg dapat mengakibatkan peradangan, rheumatoid arthritis, osteoarthritis, asma, stroke & agresi jantung.

Semangka jua dapat meminimalkan kerusakan kulit berdasarkan sinar ultraviolet (UV) sinar mentari  & melindungi kulit Anda menurut berbagai polutan udara berbahaya dan beracun. Ini bisa mempunyai imbas besar  dalam mencegah penuaan dini. Juga, vitamin C hadir pada semangka membantu memperkuat kekebalan untuk melindungi tubuh Anda berdasarkan alergi musiman & infeksi generik. Untuk memaksimalkan manfaat antioksidan semangka, pastikan buat menentukan semangka matang dan memakannya segar.

11. Mencegah diabetes

Penderita diabetes, yang seharusnya mempunyai tenaga yang rendah & diet rendah gula, acapkali mengeluh mengenai kelaparan lantaran mereka tidak bisa makan menggunakan benar. Semangka mampu menjadi suplemen yg baik buat mereka. Meskipun ada rasa manis, irisan tebal buah semangka akan memberikan kalori sangat sedikit, lantaran sembilan puluh sembilan % dari berat total terdiri menurut air & serat.

Selain itu, berbagai vitamin & mineral misalnya kalium dan magnesium membantu dalam berfungsinya insulin dalam tubuh, sebagai akibatnya menurunkan tingkat gula darah . Arginine, komponen lain yang ditemukan pada semangka, sangat efektif buat menaikkan efek insulin dalam gula darah. Pasien diabetes jua dapat mempunyai kari, steak, & salad yg terbuat berdasarkan rinds air melon, yang bahkan lebih rendah gula.

Related Posts

Luat Biasa..!! Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh