2018/06/16

Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan Tubuh

Daun katuk atau sauropus androgynus adalah flora sayuran yg sudah banyak dikonsumsi di aneka macam negara dan banyak terdapat di Asia Tenggara. Tumbuhan tersebuh masuk pada suku menir-meniran ( phyllantheae ) pula masih berkerabat dengan tumbuhan-tanaman  menteng, cermai, & buni. Tanaman ini termasuk dalam subtibus flueggeinae dan tibus phyllanteae. Daun katuk sendiri mempunyai kandungan manfaat sayur-sayuran yg baik buat kesehatan tubuh. Dan dibawah ini beberapa manfaatnya :


MANFAAT DAUN KATUK

1. Melancarkan ASI buat Ibu

Daun katuk sangat efektif buat melancarkan ASI buat  Ibu yang sedang menyusui. Dari senyawa-senyawa minyak esensial misalnya flavooid, saponin, triterpenoid & tanin. Beberapa asam amino, vitamin a, b & c, mineral misalnya fosfor, kalsium, & zat besi, serta 7 senyawa yang aktif lainnya.

2. Memiliki banyak Kandungan Vitamin

Daun katuk yg mempunyai kandungan hampir 7%  protein & serat kasar sampai menggunakan 19%. Daun katuk pula memiliki kandungan vitamin K. Dan jua pro vitamin a ( beta karoneta), vitamin b & vitamin c.

3. Mencegah Osteoporosis

Daun katuk juga bisa mencegah terjadinya osteoorosis, kalsium yang berada didalam daun katuk relatif baik, dan cocok untuk dikonsumsi oleh wanita yg tidak menginginkan terjadinya osteoporosis. Kalsium hingga 2,8%, besi kalium bisa diolah seperti manfaat bayam & manfaat sembung.

4. Mengatasi Gejala Penyakit Anemia

Daun katuk pula mengandung efedrin yg sangat baik buat penderita influesza, kandungan zat besi yg relatif tinggi ini pastinya dapat mengatasi gejal penyakit anemia.

Lima. Memiliki Kandungan Kalori, Karbohidrat & Protein
Kandungan kalori, karbohidrat & protein yang terdapat pada daun katuk ini hampir sama dengan manfaat daun pepaya & daun singkong. Dan kandungan zat besi & proteinnyua lebih tinggi menurut pada kedua jenis daun tersebut.

6. Dapat Menjadi Obat Alami bermacam Penyakit

Daun katuk kaya akan vitamin a, b1 dan vitamin c. Senyawa fitokiomianya misalnya saponin, tanin, & alkolid apverin berpotensi menjadi bahan obat yang alami.

7. Mampu Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Daun katuk mampu mengatasi naikkan tekanan darah tinggi yang ditimbulkan karena kalsium yang sangat rendah. Caranya konsumsilah daun katuk secara cukup sesuai kadar kalsiumnya.

8. Dapat Memicu Kualitas dan Kuantiotas Sperma

Daun katuk juga baik untuk kesehatan laki-laki , lantaran terdapat zat akktif yg sanggup merangsang sintesis hormon steroid seperti testoteron, dan progestron sehingga mampu membangkitkan vitalitas seksual, dan memicu kualitas & kuantiotas sperma.

9. Berguna buat Mata

Daun katuk sanggup menyehatkan mata anda, lantaran kandungan betakarotin yang tinggi & vitamin a yg sanggup dipercaya bisa membantu mencegah terjadinya gangguan mata.

10. Mencegah Penyakit Mata

Sebagai asal manfaat vitamin A yg diharapkan buat mencegah penyakit mata, sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, dan reproduksi.

11. Mampu Merangsang Produksi Steroid

Serta terdapat 7 senyawa aktif yg mampu merangsang produksi steroid dan senyawa eiksonoid yg terdapat pada dalam daun katuk.

12. Dapat Menyembuhkan Luka

Sebagai senyawa primer tubuh buat pembuatan kolagen ( protein berserat pembentuk jaringan ikat pada tulang), pengangkut elektron, pengangkut lemak, pengatur gusi yang sehat, pemacu imunitas, dan pengatur taraf kolesterol. Dan buat menyembuhkan luka dan mempertinggi fungsi otak supaya dapat bekerja maksimal .

Daun katuk jua terdapat impak sampingnya, yaitu jika mengkonsumi hiperbola maka akan menyebabkan keracunan papaverin. Karena daun katuk mengandung papaverina, yaitu alkaloid yg masih ada pada candu ( opium ). Jika pada Amerika daun katuk pada konsumsi sebagai kuliner pelangsing seperti salad, katuk goreng dan minuman poly dikonsumsi oleh rakyat sebagai obat anti-obesitas.

Ada 6 jenis jamu (dua,8%) yg mengandung dauk katuk. Dan dari 6 jenis tersebut, 4 jenis pada antarnya memiliki tanda menjadi pelancar ASI. Demikianlah beberapa manfaat & kandungan yg terdapat di daun katuk bagi kesehatan butuh. Semoga artikel ini mampu bermanfaat bagi pembacanya. Terimakasih

Related Posts

Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan Tubuh
4/ 5
Oleh